Menjadi Unggul Menangkan Persaingan

Menjadi Unggul Menangkan Persaingan
  • home
Home » » Informasi Yang Harus Ditekankan Dalam CV (Bag.1)

Informasi Yang Harus Ditekankan Dalam CV (Bag.1)

       
        Curriculum Vitae atau CV adalah media promosi diri anda, maka isilah CV dengan informasi dan data-data tentang diri anda. Diharapkan dengan membaca data-data di CV pihak perusahaan mendapatkan gambaran tentang kualifikasi dari pelamar.

Sesuai dengan postingan sebelumnya Membuat CV Dengan Tampilan Menarik, pihak perusahaan tidak mempunyai banyak waktu untuk mempelajari semua data dan informasi di CV pelamar. Maka isilah CV dengan jelas dan simple. CV untuk pelamar Fresh Graduate jika di print out maksimal cukup dua lembar kertas ukuran A4. Jika bisa dibuat satu lembar maka akan lebih baik.

Adapun informasi dan data yang perlu di tekankan di CV adalah sebagai berikut:

* Informasi Pribadi/ Personal Information

Nama/Name:
Tempat & Tanggal Lahir/ Place & Date of Birth
Alamat/ Address
Nomor Telepon/HP/Phone
Alamat Email/ Email Address

- Nama, tulislah nama asli sesuai dengan kartu pengenal anda, jika nama anda terdiri dari tiga suku kata atau lebih, berilah singkatan dengan huruf awalan. Hal ini berguna untuk kemudahan penyebutan.
- Tempat dan Tanggal Lahir, isikan dengan jelas.
- Alamat, alamat pada CV tidak harus sama dengan alamat kartu pengenal anda. Kadang kala suatu perusahaan akan menghubungi pelamar yang bisa menghadiri proses wawancara dengan cepat, tentu pelamar yang berdomisili atau berada di kota yang sama  akan menjadi pilihan utama. Maka tentukan dari sekarang di kota mana anda akan memulai karir dan isikan alamat di CV anda dengan tepat.
- Nomor Telepon/HP, isikan nomor yang bisa dihubungi dengan jelas dan jika nomor HP pastikan nomor tersebut masih aktif. Selalu isi penih battery HP anda karena kita tidak tahu kapan pihak perusahaan akan mengundang anda untuk ikut tes atau wawancara. Tapi waktu yang sering dipilih pihak HRD perusahaan untuk menghubungi pelamar adalah di pagi hari, jam 11 siang dan antara jam 4-5 sore, pastikan HP anda aktif pada waktu-waktu tersebut.
- Alamat Email, buatlah satu akun email khusus untuk melamar kerja, bisa menggunakan akun gratis seperti yahoo, gmail, rocketmail, dll. Nama email harus menggunakan sebagian dari nama anda atau singkatannya. Nama email yang menggambarkan hobi atau ketertarikan akan suatu bidang tertentu seperti Hari_Bikersejati@yahoo.com atau David-RealMadrid@gmail.com sebaiknya tidak digunakan.

* Pengalaman Akademik/ Academic Experience

Contoh pengisian :

Institution
Graduated
Qualification
GPA
Field of Study
Universitas Putra Indonesia,Jakarta
2013
Bachelor Degree
(S1)
3.53
Industriall Engineering
 SLTA 10 Magelang
2010 
-
 80.00
IPA 






Pengisian dimulai dengan pendidikan terakhir, diisi cukup sampai pendidikan tingkat SLTA, jika mau menambahkan tingkat SLTP boleh saja. Pendidikan Tingkat SD atau TK tidak perlu ditambahkan karena tidak terlalu berpengaruh.

* Skripsi & Kerja Praktek (Magang)/Final Thesis & Work Practice

Skripsi, Cukup tuliskan mengenai judul dari skripsi anda. Kemudian anda harus bisa menjelaskan dengan ringkas tentang skripsi anda jika ditanya pada saat wawancara. Tipnya adalah hafalkan bagian abstrak atau pendahuluan.
Kerja Praktek (Magang), Tuliskan judul dari laporan kerja praktek atau magang. Sama dengan bagian skripsi anda cukup menghafalkan bagian abstrak atau pendahuluan dari laporan Kerja Praktek atau Magang.

(Bersambung)