Menjadi Unggul Menangkan Persaingan

Menjadi Unggul Menangkan Persaingan
  • home
Home » » Pertanyaan Interview: Jelaskan Tentang Skripsi Anda

Pertanyaan Interview: Jelaskan Tentang Skripsi Anda


Bagi lulusan fresh graduate pertanyaan ini pasti ditanyakan. Tujuan dari pertanyaan ini adalah pewawancara ingin melihat cara komunikasi dan penyampaian dari si pelamar ketika berbicara tentang hal-hal yang bersifat teknis. 

Ketika wawancara pelamar yang sudah berpengalaman, pewawancara akan menanyakan tentang pekerjaan sebelumnya, untuk lulusan fresh graduate akan diminta menjelaskan tentang skripsi atau kerja praktek (magang).

Jika diminta menjelaskan tentang skripsi perlu anda pahami, pewawancara tidak akan mendebat atau menyalahkan tentang skripsi yang anda kerjakan. Mereka ingin melihat cara anda menyampaikan informasi, cara menjelaskan suatu hal dan cara anda menyimpulkan suatu masalah. Maka jelaskan kepada pewawancara tentang judul dari skripsi tersebut, dan sampaikan latar belakang mengapa anda memilih judul itu. Kemudian sebutkan dengan singkat teori-teori yang menjadi referensi dan pendukung skripsi anda. Serta uraikan metode-metode yang anda lakukan untuk mengambil data-data yang akan menjadi kesimpulan di makalah skripsi. Dan terakhir tegaskan kesimpulan anda buat dalam skripsi tersebut.

Tip untuk penjelasan skripsi adalah dengan menyebutkan bagian abstrak dari laporan skripsi. Bagian abstrak laporan skripsi biasanya merupakan  ringkasan dari laporan skripsi. Hapalkan bagian abstrak di luar kepala, dan buatlah versi bahasa inggrisnya kemudian hapalkan.

Kemudia latihlah dengan teman anda, sama seperti di bagian penjelasan ceritakan diri anda mintalah teman anda untuk bertanya ketika anda selesai menjelaskan skripsi tersebut.

Salam Sukses