Menjadi Unggul Menangkan Persaingan

Menjadi Unggul Menangkan Persaingan
  • home
Home » » Pertanyaan Interview: Ceritakan Diri Anda !

Pertanyaan Interview: Ceritakan Diri Anda !



Proses penting yang akan dilalui calon karyawan ketika melamar suatu pekerjaan adalah interview atau wawancara. Pakailah pakaian yang rapi dan sopan ketika menghadiri wawancara dan jangan gunakan warna yang terlalu mencolok.

Ketika nama anda dipanggil segera masuk ke ruangan wawancara, ketuklah pintu sebelum masuk dan ucapkan salam serta segera jabat tangan pewawancara dengan erat dan hangat. Segeralah duduk di kursi yang telah di sediakan.

Ketika berada di ruangan interview atau wawancara, anda harus merasa santai dan rileks, edarkan pandangan anda sekilas ke seluruh ruangan dan tunggulah pewawancara untuk memulai proses interview. Biasanya pewawancara akan sedikit berbasa-basi dengan menanyakan kabar anda, atau apakah anda merasa kesulitan menemukan alamat kantor mereka. Jawablah semua pertanyaan pembuka tersebut dengan singkat dan jelas.

Untuk lulusan fresh graduate biasanya pewawancara pertama yang akan anda temui adalah pihak dari departemen SDM atau HRD. Jika tahap ini selesai dan hasilnya memuaskan barulah anda akan di jadwalkan interview dengan end user. End User di sini maksudnya adalah orang atau pihak yang akan menjadi atasan lansung anda jika anda diterima bekerja di perusahaan tersebut. Jadi kadang calon pelamar akan menghadapi dua atau lebih tahap proses wawancara.

Di tulisan ini akan dibahas salah satu pertanyaan yang paling sering diajukan dalam proses wawancara tahap pertama, yaitu dengan pihak departemen SDM.

Ceritakan diri anda ! adalah pertanyaan pertama yang diajukan kepada calon pelamar. Pertanyaannya singkat tetapi membutuhkan jawaban yang cukup detail. Maksud pewawancara menanyakan pertanyaan ini adalah ingin mengetahui informasi tentang diri si pelamar secara lansung. Walaupun sebenarnya pihak pewawancara sudah mengetahui gambaran kualifikasi pelamar dari CV yang dikirim sebelumnya. Di sisi lain dengan pertanyaan ini pewawancara bisa melihat kualitas dan cara berbicara dari pelamar.

Untuk menjawabnya anda cukup menyebutkan dan menjelaskan dengan singkat informasi-informasi yang sudah anda tulis di CV anda, seperti dalam postingan Infomasi Yang Harus Ditekankan Dalam CV Bag 1 dan Bag 2 . Supaya mudah anda boleh menuliskan draft pargraf penjelasan singkat point-point yang ada di CV, kemudian draft resume tersebut anda hafalkan di luar kepala. Point-point tersebut adalah:

- Nama dan umur
- Kualifikasi pendidikan terakhir dan tahun kelulusan
- Penjelasan singkat tentang kegiatan magang atau kerja praktek (tulis bagian abstrak laporan)
-  Penjelasan singkat tentang skripsi atau tugas akhir.
- Kegiatan semasa perkuliahan (aktif terlibat di organisasi atau menjadi asisten dosen)
- Kegiatan apa saja yang dilakukan semenjak tamat sampai sekarang
- Salah satu minat anda, sebutkan dan jelaskan salah satu minat anda yang berhubungan dengan posisi yang dilamar
- Selesai

Contoh draft resume/ paragraf point-point cv yang bisa anda tulis adalah seperti berikut:

" Nama Cinta Laura, berumur 22 tahun. Menyelesaikan pendidikan sarjana S1 Teknik Industri UPI Jakarta pada Agustus 2013. Sebagai seorang mahasiswa pernah melakukan magang/kerja praktik di Perusahaan PT Toyota Astra Motor dan melakukan kajian tentang Penggunaan Log Book Kostumer untuk Meningkatkan Layanan Purna Jual. Sebagai syarat kelulusan saya mengambil skripsi dengan judul Analisa Permasalahan dan Peningkatan Program Min-Max Inventori untuk Efisiensi Budget Operasi di PT United Tractor. Semasa perkuliahan ditunjuk oleh salah satu staff dosen untk menjadi asisten di bidang perkuliahan komputer. Seta aktif dalam organisasi Mahasiswa pecinta alam dan terlibat dalam kegiatan-kegiatan sosial seperti penggalangan bantuan untuk korban bencana alam. Setelah tamat, saya diminta oleh salah seorang staff dosen untuk bergabung dalam tim penelitian dosen tersebut, dimana penelitian itu tentang pembuatan purnarupa perangkat lunak untuk minimarket dan penelitian itu selesai pada awal tahun ini (* usahakan anda menambahkan aktifitas yang berarti semenjak tamat kuliah sampai anda mulai melamar kerja jika rentang waktunya cukup panjang seperti 2 bulan atau 3 bulan, karena jika hal ini tidak ada, anda akan dinilai sebagai pelamar dengan kualitas yang biasa saja). Saya menyukai olah raga bulutangkis khususnya yang beregu, dimana olah raga tersebut mengasah keuletan dan kemampuan untuk bekerjasa sama ".

Buat dan tuliskan draft paragraf sepeti contoh di atas yang sesuai denga kriteria anda, kemudian hafalkan di luar kepala. Selanjutnya anda harus melatih cara berbicara, disarankan anda melatih cara berbicara dengan mengajak rekan/atau saudara. Rekan atau saudara akan berperan sebagai pewawancara, hal ini cukup penting karena kebanyakan orang akan sedikit gugup jika harus berbicara secara formal dihadapan orang lain.

Jika anda sudah terbiasa berbicara formal di forum-forum umum atau di depan khalayak maka itu suatu keuntungan bagi anda, jika belum maka anda harus membiasakan diri dengan cara melatihnya.

Salam Sukses.