Menjadi Unggul Menangkan Persaingan

Menjadi Unggul Menangkan Persaingan
  • home
Home » » Pertanyaan Interview: Jelaskan Kelebihan Anda

Pertanyaan Interview: Jelaskan Kelebihan Anda


Pertanyaan tentang kelebihan diri adalah pertanyaan yang sering muncul dalam sesi interview atau wawancara. Bahkan tidak jarang hal ini juga ditanyakan ketika anda diminta mengisi formulir atau biodata sebelum psikotes.

Ada baiknya sebelum mengikuti interview anda perlu menyiapkan list kelebihan  yang anda miliki. Sehingga pada sesi wawancara anda bisa menyebutkan dan menjelaskan dengan lancar dan wawancara menjadi kondusif. Pelamar yang tidak siap akan gagap ketika menjawab pertanyaan ini. Jika anda sudah gagap menjawab satu pertanyaan maka pertanyaan susulan akan makin sulit untuk dijawab, karena ketenangan dan konsenterasi anda sudah terganggu oleh hal tersebut.

Keuntungan lain jika anda melakukan persiapan  adalah, anda akan tampak lebih menonjol di mata pewawancara. Pelamar yang berbicara lugas dan teratur seta memberikan informasi yang jelas akan dicatat untuk mengikuti proses selanjutnya.


Contoh daftar kelebihan adalah sebagai berikut:

- Pekerja keras
- Pekerja cerdas
- Fast Learning
- Bisa bekerja dalam tim
- Jujur
- Bertanggung jawab
- Menyukai tantangan

Agar anda terlihat menonjol di mata pewawancara, jelaskan juga contoh singkat  hal atau peristiwa untuk mendukung sifat tersebut. Anda bisa menyebutkan peristiwa ketika masa perkuliahan, atau sewaktu aktif di organisasi atau di kehidupan sehari-hari.

Contoh tentang penjelasan sifat kelebihan adalah seperti berikut:

Pekerja keras
Contoh: Sebagai asisten dosen saya pernah diminta untuk menyiapkan bahan ujian untuk besok. Malam harinya dosen tersebut mengabarkan bahwa jumlah pesertanya bertambah. Malam itu juga saya lansung mendatangi foto kopi yang masih buka untuk memperbanyak jumlah lembaran soal.

Pekerja cerdas

Contoh: Sebagai seorang pengurus klub pecinta alam di kampus, saya diminta untuk menyebarkan brosur untuk merekrut anggota baru. Karena sasarannya adalah mahasiswa baru saya menambahkan denah lokasi kampus di brosur tersebut. Karena membutuhkan denah lokasi kampus banyak mahasiswa baru tertarik membaca brosur yang saya sebarkan

Fast Learning

Contoh: Ketua RT di tempat tinggal saya meminta saya menjelaskan manfaat beberapa tanaman sebagai obat ke warga lingkungan komplek. Saya tidak memahami bidang ini sebelumnya, setelah mencari beberapa sumber di internet saya lalu menjelaskan kepada warga. Warga cukup puas dengan penjelasan saya dimana beberapa hari kemudian terlihat beberapa warga mulai menanam tanaman obat-obatan di pot tanaman hias mereka.

Dari beberapa contoh di atas anda bisa menyususn sendiri kelebihan-kelebihan dan contoh kasus yang mendukung penejlasan anda. Kemudian latihlah cara berbicara anda agar sewaktu wawancara jawaban-jawaban anda mengalir lancar dan meyakinkan.

Salam Sukses