Menjadi Unggul Menangkan Persaingan

Menjadi Unggul Menangkan Persaingan
  • home
Home » » Membuat CV Dengan Tampilan Menarik

Membuat CV Dengan Tampilan Menarik


    
     
    Curriculum Vitae atau CV adalah media tempat anda untuk mempromosikan diri. Jika CV dibuat dengan asal-asalan dan tampilannya menjadi buruk, maka dengan kata lain anda mempromosikan diri anda dengan cara yang buruk. Dan sebaliknya jika CV dibuat dengan tampilan menarik maka pihak perusahaan akan lebih tertarik untuk membaca dan mendalami lebih jauh CV anda.

Kategori dari menarik bukan berarti CV harus diprint-out dengan kertas berwarna atau menambah corak seni di setiap garis pembatas. Menarik di sini adalah format CV anda teratur dan rapi, setiap informasi tentang anda bisa cepat dipahami oleh pembaca CV.

CV juga merupakan media pertama dimana pencari kerja terhubung dengan perusahaan. Jika suatu perusahaan sedang membuka suatu lowongan pekerjaan, katakanlah mereka membutuhkan pekerja dengan kualifikasi Fresh Graduate pendidikan S1 atau SLTA dengan formasi kebutuhan 10 orang. Dan masa penayangan iklan lowongan kerja di internet dan media cetak selama 1 bulan. Tentu selama sebulan iklan-iklan tersebut dibaca oleh semua pencari kerja tentunya dan mengirimkan CV sebagai aplikasi lamaran

Pihak perusahaan dalam hal ini diwakili Staff dan Petugas Departemen Sumber Daya Manusianya /Human Resource Department (HRD) memeriksa semua CV yang masuk ke perusahaan mereka setiap hari. Jika mereka dari perusahaan besar tentu peminatnya banyak dan CV yang masuk setiap harinya bisa berjumlah ratusan CV. Dan dalam sebulan jumlah CV yang diperiksa oleh staff-staff HRD kadang mencapai jumlah ribuan.

Dengan waktu yang ketat dan jumlah CV yang diperiksa sampai ratusan setiap harinya, bisa dibayangkan berapa banyak waktu yang digunakan untuk memeriksa satu CV, lima menit adalah waktu yang masuk akal jika  harus memeriksa ratusan CV setiap harinya. Dalam lima menit Staff HRD harus bisa mendapatkan semua informasi pelamar apakah sesuai dengan persyaratan perusahaan mereka. Dalam satu menit pertama dia akan melihat tampilan CV, jika menarik dia akan meneruskan melihat nama pelamar, kemudian pendidikan, skill komputer pelamar akan menjadi fokus dan memastikan si pelamar punya pengalaman organisasi selama masa studinya. Dan bagian magang atau kerja parktek dan penjelasan Skripsi atau Tugas akhir akan sedikit dilirik, dan selesai sudah waktu lima menit.

Dari jabaran hal di atas bisa disimpulkan jika tampilan CV anda tidak menarik tentu tidak semua bagian CV anda dilihat oleh petugas pemeriksa. Dan tragisnya dengan waktu staff HRD yang terbatas kadang nama anda tidak sempat dibaca oleh mereka karena CV dengan tampilan buruk lansung dipisahkan ke bagian yang tidak akan diproses lebih lanjut.

Jadi mulai sekarang seriuslah dalam mendesain tampilan CV, buatlah tampilan CV yang menarik. Setelah itu isilah detail informasi diri anda ke dalam CV tersebut. Cara pengisisan CV dan informasi apa saja yang perlu ditekankan di CV akan di jabarkan lebih lanjut di bagian lain Blog ini.

Salam Sukses.