Menjadi Unggul Menangkan Persaingan

Menjadi Unggul Menangkan Persaingan
  • home
Home » » Melewati Psikotes: Persiapan

Melewati Psikotes: Persiapan

Jika anda dihubungi oleh perusahaan yang anda lamar untuk mengadiri tes psikotes sebagai rangkaian awal proses rekrutmen, selamat buat anda !...artinya anda sudah maju selangkah untuk mendapatkan pekerjaan yang anda incar.

Jika anda dihubungi via telpon catat dengan baik hal-hal berikut ini:

- Nama Perusahaan
- Untuk posisi apa (Mengingat lamaran dikirim dengan intenstif tentu sudah banyak aplikasi yang    dikirim, pastikan tes ini untuk posisi apa)
- Tanggal tes
- Waktu Tes
-  Lokasi
-  Persyaratan yang harus dibawa

Jika hal di atas kurang jelas minta dengan sopan kepada penelepon anda untuk mengulangi informasi-informasi tersebut . Jika anda sedang dalam situasi tidak kondusif ketika menerima telpon seperti dalam bis, di pasar yang ramai, di jalanan yang bising, mintalah dengan sopan kepada penelepon untuk menghubungi anda beberapa saat lagi. Atau ketika anda sudah menemukan tempat yang kondusif untuk menerima telpon.



Atau bisa juga anda meminta kepada penelepon untuk mengirimkan keterangan tentang tes via email. Jika anda menerima undangan tes via email pastikan anda membaca semua informasi dengan jelas, jangan lewatkan satu pun dari bagian atas sampai bagian bawah. Terutama jika file undangan dikirimkan di lampiran email, download lampiran tersebut dan baca dari awal sampai akhir. Kadangkala lampiran undangan tes dikirim sampai 2 lembar dan di lembaran kedua ternyata ada bagian yang harus anda print-out seperti nomor peserta dan sebagainya. Jika anda melewatkan informasi ini tentu akan jadi masalah.

Jika dipersyaratan tes anda harus membawa hard copy atau print-out CV lengkap (beserta dokumen lampiran), copy KTP, foto dll, siapkan bahan-bahan tersebut dan simpan dalam suatu map. Bisa menggunakan map coklat yang biasa dijual di toko-toko alat tulis. Pada bagian luar map di bagian kanan sebelah atas, tuliskan nama anda dengan huruf capital (balok) dan tuliskan posisi yang anda lamar.

Jika tidak disebutkan persyaratan yang harus dibawa, ada baiknya anda tetap harus menyiapkan dan membawa bahan dokumen seperti paragraf di atas. Karena kita tidak mau ambil resiko kalau ternyata bahan-bahan tersebut diminta sebelum mengikuti tes tetapi lupa disampaikan pada saat ditelepon atau di email.

Kemudian siapkan alat tulis berupa pensil 2B sebanyak dua buah (sudah diruncingkan ujungnya), pulpen dua set dan karet penghapus. Simpan alat tulis tersebut dalam kotak khusus penyimpanan.

Pakailah busana yang rapi dan sopan. Untuk pria disarankan memakai kemeja dengan warna dasar dan celana bahan. Untuk wanita silahkan gunakan busana yang setengah formal dan rapi. Jangan sampai busana yang digunakan jadi pusat perhatian peserta lainnya dan anda akan menjadi risih dan tidak fokus mengikuti tes.

Hal-hal di atas perlu anda siapkan dengan baik sebelum mengikuti tes. Pada saat tes anda bisa fokus mengerjakan soal-soal yang diberikan dan tidak terganggu dengan permasalahan sederhana seperti di atas.

Salam Sukses