Iklan lowongan kerja sekarang bisa dilihat dengan mudah di berbagai tempat, seperti di internet atau media cetak. Tren yang berlaku sekarang mengirim aplikasi lamaran adalah via internet dengan menggunakan surat elektronik atau email.
Dengan persaingan yang ketat pelamar harus bisa memenangkan persaingan di antara ratusan atau ribuan pelamar lainnya untuk mendapatkan pekerjaan. Untuk itu perlu mempersiapkan diri dengan baik. Di antara ratusan email aplikasi lamaran yang masuk ke pihak perusahaan, bagaimana caranya agar email pelamar bisa di baca dengan baik oleh pihak perusahaan. Diharapkan setelah perusahaan membaca email tersebut dan mempelajari CV yang dikirimkan, pihak perusahaan segera menghubungi si pelamar.
Untuk membuat agar email yang dikirimkan terlihat menonjol di mail box atau kotak surat email pihak perusahaan si pelamar harus kreatif. Biasanya staff HRD perusahaan membuka email pada waktu pagi hari, perkiraan sekitar jam 08.00 setelah mereka datang ke kantor. Email yang dikirimkan terlihat menonjol dari email pelamar lainnya tentu sedapat mungkin email tersebut harus berada di deretan paling atas. Seperti yang kita ketahui email yang berada paling atas adalah email yang di kirim paling terakhir. Dengan perkiraan HRD Perusahaan membuka email jam 08.00 pagi, maka kirimlah email lamaran sekitar 1 jam sebelumnya yaitu sekitar jam 07.00.
Adalah lumrah informasi yang diserap pertama kali oleh seseorang di pagi hari akan terus diingat sepanjang hari tersebut. Jika pelamar menampilkan cv dengan baik dan melampirkan dokumen pendukung sebagai referensi dan kualifikasi yang sesuai dengan persyaratan lowongan tentu akan dicatat di bagian yang akan diproses dan akan segera dihubungi oleh pihak perusahaan untuk diundang melakukan proses rekrutmen.
Jangan lupa mengetik surat lamaran di bagian isi email. Ada baiknya surat lamaran juga disimpan di file doc word office dan ditambahkan sebagai bagian lampiran email.
Salam Sukses